Jumat, 27 September 2013

Karier Melesat Berkat Relasi yang Tepat

Anda mempunyai banyak teman? Namun, apakah tipe-tipe berikut ini ada dalam list networking Anda? Inilah enam tipe relasi yang berpotensi membantu kita untuk meraih sukses.

1.  Si Informan

Cirinya, Anda selalu memperoleh berbagai macam informasi terbaru, tentang hal apapun darinya. Ia selalu update dengan topik-topik yang tengah hits, diantaranya : politik, ekonomi, lifestyle, sampai gosip dan selebritis. Selain mendapatkan informasi terkini, kita juga bisa mendapat wawasan baru sebagai bekal pembicaraan dengan orang-orang penting.

2.  Si Role Model

Temukan seseorang yang Anda kagumi dan idolakan keberhasilannya. Di lingkungan sekitar Anda saja, seperti di kantor maupun tokoh terkenal. Berdasarkan pengalamannya, kita dapat belajar tentang bagaimana meraih sukses dan bangkit dari kegagalan. Jangan segan meminta diskusi dan masukan darinya.

3.  Si Penghubung

Orang-orang penghubung seperti ini memiliki jaringan yang besar dan luas. Ia bisa membantu Anda terhubung dengan orang-orang yang tepat dan menangkap peluang dari seluruh jaringan yang ia miliki. Mereka yang termasuk diantaranya yaitu : head hunter, public relation, dan jurnalis.

4.  Si Kompeten

Bertemanlah dengan siapapun yang berkecimpung pada internal perusahaan, asosiasi, atau komunitas apapun yang membuat Anda memiliki kepentingan di sana. Sebab dari mereka, Anda akan mendapatkan informasi terbaru tentang perusahaan terkait. Darinya, kita juga mendapatkan perspektif yang jelas mengenai bidang pekerjaannya. Sehingga ketika membutuhkan masukan di bidang tertentu, Anda paham harus menghubungi siapa.

5.  Si Rekan Kerja

Selain menjalin networking dengan orang-orang di luar bidang Anda, jangan lupa dengan relasi satu profesi Anda. Dengan mereka, Anda akan lebih mudah bertukar informasi dan kesempatan. Selanjutnya, Anda dan rekan bisa memtuskan untuk menjadi kawan atau lawan untuk bersaing sehat.

6.  Si Murid

Selain mengidolakan, diidolakan juga penting. Bukannya narsis, namun seringkali orang-orang yang belajar dari kita, membuat kita semakin termotivasi untuk belajar dan berkarya lebih baik lagi. Kehadiran mereka membuat Anda merasa diperhatikan. Selain itu, memiliki murid juga bisa mengasah kemampuan mentransfer ilmu. Sehingga kelak Anda menjadi pemimpin, Anda tahu bagaimana cara yang tepat untuk membimbing mereka. Jadi, jangan segan untuk berbagi pengetahuan dengan mereka.

Lantas, bagaimana cara mengembangkan networking? Mudah saja! gabungkanlah daftar relasi Anda dengan milik orang lain. Tawarkan padanya untuk berbagi daftar relasi. Selamat mencoba!

Referensi www.suaramerdeka.com (Gemitha/CN19) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar